Minggu, 31 Mei 2015

Ini adalah blog Pertama 
saya Madiun ,01 Juni 2015
Semoga bermanfaat

Cara Menginstal VirtualBox


A.                       Pengertian



Virtualbox adalah software virtualisasi untuk menginstall sebuah OS “Operating System”, kata virtuallilsasi yaitu Mengubah/mengkonversi (sesuatu) ke bentuk simulasi dari bentuk yang nyata atau real. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows. Nah jadi buat para agan agan yang mau coba-coba buat latihan mengingstall OS, tidak usah repot-repot harus menginstall ulang PC/Laptop agan (ribetlah) hehe, kita cuma perlu software Virtualbox ini untuk coba-coba atau belajar menginstall sebuah Operating System.

B.                        Sejarah Virtualbox
VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems.
Menurut Wahidun cara menggunakan virtualbox (virtual mesin) mempermudah kita belajar komputer meski tidak memiliki komputer atau yang takut komputernya rusak karena salah oprek, teratasi dengan adanya virtualbox. Dan jenis virtual mesin /virtual box ini banyak ragamnya, seperti milik microsoft bernama virtualPC, ada lagi QEMU emulator, ada vmware dan banyak lagi yang lainnya. Di antara sekian virtual mesin tersebut saya pertama kali menggunakan qemu, dan sekarang lebih menyukai VIRTUALBOX, yang support di mesin windows manapun, tanpa harus mendownload file yang sama, virtualbox dapat di jalankan di mesin 32 mapun 64.
C.                        Fungsi dari Virtualbox
1.       Mencoba operating system yang berbeda dengan operating system utama
2.       Mencoba operating system yang baru rilis atau masih dalam tahap uji
3.       Mencoba untuk membuat sebuah simulasi jaringan dan
4.       Mungkin juga untuk mencoba simulasi menguji sebuah security, entah itu OS ataupun website
5.       Berfungsi sebagai aplikasi virtual machine pengganti fisik dari PC
D.                       Manfaat Menggunakan Virtualbox
1.       Dapat bermanfaat bagi kaum awam untuk belajar menginstall operating system, tanpa perlu mengubah atau mengcopykan data data yang ada di hardisk
2.       Dapat menginstall beberapa operating system secara Cuma-Cuma tanpa harus mempermanent-kannya ke dalam hardisk
3.       Hemat uang, dalam arti tidak perlu membeli hardware-hardware atau computer baru untuk memakai banyak operating system.
4.       Dapat menguji coba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada.
E.      Spesifikasi PC Host untuk menjalankan VirtualBox

1.       PC dengan Prosesor Intel atau AMD
2.       Memory/RAM tergantung dengan sistem operasi yg dijalankan dan akan dijalankan. Standar setidaknya memiliki RAM 512MB atau disarankan lebih dari 512MB
3.       Ruang HDD untuk instalasi sebesar 30MB namun ruang HDD untuk Virtual Machine membutuhkan lebih besar
4.       Sistem operasi Host yang didukung adalah : Windows, Linux, MAC OSX, Solaris dan OpenSolaris.
5.       Sistem Operasi GUEST atau tamu yang didukung (bisa dilihat pada slide berikutnya)

F.  Guest OS yang didukung
·        Windows      : Windows 98 sampai Windows terbaru
·    Linux         : Umumnya hampir semua distro linux didukung oleh VirtualBox
·        Solari             : Solaris 10, 11 dan yang terbaru
·        Mac                : Leopard dan Snow Leopard

G.  Terminologi
·        Host operating system (host OS) adalah sistem operasi fisik pada komputer dimana VirtualBox diinstal.
·        Guest operating system (guest OS) adalah sistem operasi yang berjalan dalam Virtual Machine.
·        Virtual Machine (VM) adalah lingkungan khusus yang diciptkan dalam VirtualBox sebagai tempat diinstalnya Guest OS.

H.   Konfigurasi virtual CD/DVD

Virtual CD / DVD drive oleh dukungan default hanya membaca. Anda dapat memilih antara tiga pilihan untuk menyediakan data media
a.       Host Drive mendefinisikan bahwa Guest OS dapat membaca dari media di drive Host OS.
b.       Image file (biasanya file ISO) memberikan Guest OS akses read-only ke data dalam image.
c.        Empty drive tanpa media.


I.    Konvigurasi Virtual Networking

Bagian penting pada virtual machine adalah konfigurasi virtual network. Virtual network berguna apabila kita ingin mengkoneksikan virtual machine dengan host os atau virtual machine dengan virtual machine lainnya.
·          Not Attached : Dalam mode ini, VirtualBox memberi tahu Guest bahwa kartu jaringatersedia, tapi tidak ada koneksi - seolah-olah tidak ada kabel yang terpasang.
·          Network Address Translation (NAT) : Jika ingin menikmati koneksi internet pada virtualbox, umumnya koneksi jaringan yang dipakai adalah mode ini. Ini adalah mode jaringan default pada saat membuat virtual machine baru.
·          Bridged networking : Mode ini adalah mode untuk konfigurasi jaringan lanjut. Seperti simulasi jaringan dan menjalankan sebuah server dari sistem operasi guest. Ketika diaktifkan, mode ini mengkoneksikan salah satu kartu jaringan fisik yang terinstall pada komputer kita untuk secara langsung terlibat pada pertukaran data.
·          Internal networking : mode jaringan ini digunakan untuk koneksi sesama virtual machine dan bukan ditujukan pada host atau jaringan luar.
·          Host-only networking : Mode ini digunakan untuk jaringan antara host dan virtual machine.

J.  Langkah-Langkah Menginstal VirtualBox

Tampilan awal dari VirtualBox sebagai berikut:



Langkah 1
Untuk mendownload VirtualBox maka buka browser Mozilla dan pada address bar ketikkan alamat websitenya www.virtualbox.org dan akan tampil seperti ini:



Langkah 2
Pilih menu Download dan akan tampil seperti gambar dibawah ini lalu pilih yang paket untuk windows (VirtualBox 4.0.4 for Windows hosts x86/amd64). Jika muncul pesan untuk proses penyimpanan maka pilih saja Save File maka proses download akan dilakukan seperti gambar dibawah ini. Akses lebih cepat silahkan klik Virtual Box (58) untuk mengunduh file.




Jika muncul pesan untuk proses penyimpanan maka pilih saja Save File maka proses download akan dilakukan seperti gambar dibawah ini. Akses lebih cepat silahkan klik Virtual Box (58) untuk mengunduh file.

       

Tunggu hingga proses download selesai



Langkah 3
Jika proses download telah selesai maka tinggal klik saja pada progress bar download yang sudah selesai tadi dan klik Run seperti gambar dibawah ini











Langkah 4
Klik Next, maka proses instalasi akan dilakukan seperti gambar dibawah ini



Klik Nextjika ingin mengubah tempat penginstalan pilih “browse”



Klik Next jangan lupa centang (√) pada kota “Create a shortcut on the desktop” dan ”Create a shortcut in the Quick Launch Bar” untuk memberikan aplikasi pintasan pada Dekstop dan Taskbar.








Klik Instaldan proses instal akan dimulai dan tunggu hingga proses selesai



Langkah 5
Beri tanda conteng pada Always trust software from “Oracle Corporation” dan pilih Instal. Proses Instalasi pun selesai dan layar aplikasi VirtualBox akan ditampilkan serta siap digunakan untuk menjalan Sistem Operasi lain (Linux, Windows, Free BSD, dan lain-lain) di atas Sistem Operasi yg sudah ada.






Klik Finish” dan buka aplikasi dengan mencentang Start Oracle Virualbox after installation



Jika Ingin menginstal Aplikasi, Sistem operasi atau yang lain silakan pilih NEW





Semoga artikel ini bermanfaat maaf jika ada salah mohon untuk diperbaiki. 
heheheehehehehe



 

1 komentar: